Sejarah Grafika Komputer


Sejarah Garfika Komputer

grafika komputer adalah teknik-teknik dalam menjelaskan dan memanipulasi data gambar dengan menggunakan komputer. 

apa itu komputer ? komputer adalah alat elektronik yang menghitung sesuai dengan keperluan manusia lalu di input, diolah hingga menjadi informasi yang akurat .

grafika adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, layar komputer, kanvas, kertas, batu, yang tujuannnya untuk memberi tanda atau ilustrasi. salah satu applikasi dari grafika komputer adalah untuk visualisasi data dalam bentuk 2D atau 3D dilengkapi dengan animasi.  

istilah grafik komputer ditemukan oleh william fetter 1960. lalu pada tahun 1961 edward zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan grafika komputer. setelah itu ivan sutherland menemukan sketchpad, lalu terciptanya mouse oleh Douglash Englebert. setelah itu munculla animasi seperti toy story, tom and jery dan masih banyak lagi. 

siapakah yang menjadi penemu atau pengembang grafika komputer ?

a. William Fetter. Mempopulerkan istilah computer graphics pada tahun 1960. digunakan untuk menjelaskan metode perancanagan pesawat baru yang dikembangkan di tempat ia bekerja yaitu Boeing, citra, di produksi menggunakan plotter, menggambarkan rancanagan kokpit menggunakan model 3D tubuh manusia.

b. Ivan Sutherland. seorang mahasiswa MIT pada tahun 1961 menciptakan program komputer yang disebut Sketchpad. dengan bantuan light pen seseorang dapat menggambar bangun sederhanan pada layar komputer.

c. Steve Russell. Di tahun yang sama menciptakan video game pertama yang disebut spacewar,. program ini dijalankan pada mesin DEC-PDP-1, lalu menjadi program uji coba  bagi setiap komputer DEC yang dipasarkan.

d. E.E.zajac. seorang ilmuwan dari bell telephone laboratory. menciptakan film yang mensimulasikan gerakan-gerakan satelit pada saat mengorbit bumi. animasinya dilakukan menggunakan komputer mainframe IBM 7090.

dan masih banyak lagi nama-nama yang mengembangkan grafika komputer. 

💓💓💓


 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini